Jalan Kaki 15 Menit Bantu Hidup Lebih Lama

Minggu, 25 September 2016 - 03:04 WIB
Jalan Kaki 15 Menit...
Jalan Kaki 15 Menit Bantu Hidup Lebih Lama
A A A
JAKARTA - Berdasarkan penelitian, berjalan kaki selama 15 menit sehari bisa menurunkan risiko kematian dini. Para ilmuwan mengungkapkan olahraga ringan bisa meningkatkan kemungkinan hidup menjadi lebih panjang.

Dilansir Good Housekeeping, selama 15 menit jalan cepat setiap hari cocok untuk orang dewasa, khususnya mereka yang sibuk dan tidak sempat berolahraga berat. Penelitiannya ini melibatkan lebih dari 123 ribu orang dewasa yang dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan tingkat aktivitas, mulai tidak aktif, rendah, sedang, dan tinggi.

Hasilnya, mereka yang tidak aktif, orang dewasa yang lebih tua dengan tingkat aktivitas rendah, sedang dan tinggi memiliki risiko masing-masing 22%, 28% dan 35% lebih rendah dari kematian dini akibat komplikasi kesehatan. Kematian dini yang dimaksud adalah kematian yang dialami di pertengahan usia 50-an.

Penelitian ini juga menunjukkan 15 menit berjalan cepat setiap hari akan mengurangi risiko kematian sebesar 22%. Oleh karena itu, demi kesehatan, para ilmuwan menyarankan untuk rutin melakukan olahraga.

"Tidak ada usia yang terlalu tua untuk baru mulai berolahraga," katapenulis utama dari University Hospital of Saint-Etienne Dr David Hupin.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0618 seconds (0.1#10.140)